Salah satu strategi pembelajaran yaitu “Project Based Learning (PBL)
– Pembelajaran Berbasis Projek”. Strategi ini mengintegrasikan berbagai bidang
studi. Misalnya matapelajaran sains dan sejarah. Pembelajarannya dilakukan
dengan cara membimbing siswa untuk melakukan identifikasi melalui penelitian,
masalah/isu dunia nyata, lokal ke global, menemukan solusinya dengan menggunakan
bukti-bukti yang diperoleh dari hasil penelitian.
Desain pembelajarannya berfokus pada keterlibatan aktif siswa (student centered), berinovasi dan berpikir
kreatif dalam pemecahan masalah yang kompleks sehingga menghasilkan hasil
produk yang nyata. Teknologi dalam hal
ini berperan penting untuk membantu siswa dalam membangun pengetahuan siswa untuk
memecahkan masalah tersebut.
Siswa dibawa terjun langsung ke salah satu situs bersejarah di
daerahnya. Selanjutnya, kembali ke sekolah para siswa dituntut untuk menunjukkan
apa yang mereka pelajari dari hasil perjalanannya, siswa berinteraksi langsung
dengan pelajaran, berkolaborasi satu sama lain, dan dapat menilai diri mereka
sendiri dan satu sama lain. Keterlibatan siswa aktif dari merencanakan, merancangan,
melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian. PBL dalam kelas dilakukan dengan
melakukan presentasi menggunakan berbagai pendekatan multimedia dari
permasalahan yang telah mereka amati. Siswa juga diminta untuk melakukan
beberapa kegiatan diantaranya berkomunikasi, bekerja sama, menganalisis data,
mensintesis data, bahkan sampai menciptakan suatu proyek yang bersifat kelompok
(misalnya para siswa berkolaborasi dalam membangun kincir air) sebagai bentuk
hasil belajarnya.
Sedangkan guru berperan dalam mengevaluasi kemajuan
siswa, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai oleh
siswa, serta melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah
dijalankan siswa baik secara individu maupun kelompok. Tetapi, dalam pelaksanaannya perlu dukungan dari
berbagai pihak, kepala sekolah, staf-staf sekolah, tenaga pendidik lainnya,
serta para tenaga profesional lainnya untuk memastikan pembelajaran PBL ini dapat
berlangsung dengan efektif
- tugas ujian tengah semester-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar