Jumat, 18 Oktober 2019

Project Based Learning by Edutopia



Salah satu strategi pembelajaran yaitu “Project Based Learning (PBL) – Pembelajaran Berbasis Projek”. Strategi ini mengintegrasikan berbagai bidang studi. Misalnya matapelajaran sains dan sejarah. Pembelajarannya dilakukan dengan cara membimbing siswa untuk melakukan identifikasi melalui penelitian, masalah/isu dunia nyata, lokal ke global, menemukan solusinya dengan menggunakan bukti-bukti yang diperoleh dari hasil penelitian.
Desain pembelajarannya berfokus pada keterlibatan aktif siswa (student centered), berinovasi dan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah yang kompleks sehingga menghasilkan hasil produk yang nyata.  Teknologi dalam hal ini berperan penting untuk membantu siswa dalam membangun pengetahuan siswa untuk memecahkan masalah tersebut.
Siswa dibawa terjun langsung ke salah satu situs bersejarah di daerahnya. Selanjutnya, kembali ke sekolah para siswa dituntut untuk menunjukkan apa yang mereka pelajari dari hasil perjalanannya, siswa berinteraksi langsung dengan pelajaran, berkolaborasi satu sama lain, dan dapat menilai diri mereka sendiri dan satu sama lain. Keterlibatan siswa aktif dari merencanakan, merancangan, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian. PBL dalam kelas dilakukan dengan melakukan presentasi menggunakan berbagai pendekatan multimedia dari permasalahan yang telah mereka amati. Siswa juga diminta untuk melakukan beberapa kegiatan diantaranya berkomunikasi, bekerja sama, menganalisis data, mensintesis data, bahkan sampai menciptakan suatu proyek yang bersifat kelompok (misalnya para siswa berkolaborasi dalam membangun kincir air) sebagai bentuk hasil belajarnya.
Sedangkan guru berperan dalam mengevaluasi kemajuan siswa, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai oleh siswa, serta melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan siswa baik secara individu maupun kelompok. Tetapi, dalam pelaksanaannya perlu dukungan dari berbagai pihak, kepala sekolah, staf-staf sekolah, tenaga pendidik lainnya, serta para tenaga profesional lainnya untuk memastikan pembelajaran PBL ini dapat berlangsung dengan efektif

- tugas ujian tengah semester-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar