Jumat, 20 Juli 2018

Tata Krama mengirim Pesan ke Dosen


Well, Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Postingan kali ini akan berbicara tentang etika dan tata krama mengirim pesan ke dosen via SMA/WA.

Berikut Tips nya
1. Hubungi dosen Anda pada waktu yang wajar/tidak sedang beristirahat
2. Salam

Assalamu'alaikum wr.wb atau 
Selamat pagi/siang/sore/malam

3. Tuliskan kata maaf sebelum menyampaikan maksud Anda, kemudian  Perkenalkan diri Anda, minimal nama dan semester/angkatan tahun berapa

Maaf mengganggu sebelumnya pak/bu, saya Ma'firani Syam angkatan 2014. 

4. Sampaikan maksud Anda dengan jelas dengan bahasa indonesia yang baik dan benar dan sebaiknya  jangan menyingkat kata

Mengingatkan bahwa bapak/ibu terjadwal sebagai moderator/pembimbing 1 atau 2/pembahas 1 atau 2 diujian proposal/hasil/skripsi saya hari Senin, 5 Maret 2018 pukul 10.30 di FKIP 36. 

Berhubungan dengan jadwal ujian proposal Kamis 1 Maret yang diundur ke Kamis 8 Maret, saya mau konfirmasi jadwal kembali untuk hari Selasa pukul 15.30. Maaf pak/bu, apakah bapak/ibu bersedia?

Saya mau konfirmasi kesediaan bapak/ibu untuk menjadi moderator diujian proposal/hasil/skripsi saya Rabu, 30 Mei 2018 pukul 10.30. Apakah bapak/ibu bersedia?

Saya mau konfirmasi jadwal seminar proposal/seminar hasil/ujian skripsi saya untuk hari Rabu, 30 Mei pukul 10.30. Apakah bapak/ibu bersedia? 

Saya ingin konsultasi judul/proposal/hasil/skripsi, kapan kiranya bapak/ibu  ada waktu luang? baiknya ketemu dimana pak/ibu?

Saya yang mengantar proposal/hasil/skripsi hari Senin, 21 Mei seminggu yang lalu. Maaf pak/ibu, kapan kiranya saya bisa menemui bapak/ibu untuk mengambil proposal/hasil/skripsi saya?

Saya mau antar draft proposal/hasil/skripsi dan undangan. Dimana saya bisa menemui bapak/ibu untuk keperluan tersebut? 

5. Ucapkan terima kasih diakhir pesan
6. Periksa terlebih dahulu pesan Anda sebelum mengirim

Tapi baiknya menemui dosen secara langsung, usaha dulu cari dosennya diruangannya atau cek dulu jadwal ngajarnya. Jika memang tidak ketemu, barulah kamu gunakan SMS.

I think just that. Thanks all reader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar